Text
"PENGARUH INCOME SMOOTHING, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP MARKET RESPONSE (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2018)"
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat menguji pengaruh income smoothing, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap market response dengan mengambil populasi penelitian yaitu perusahaan manufaktur, yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2015 sampai dengan 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yaitu laporan tahunan perusahaan. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dimana pemilihan sampel dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan metode purposive sampling tersebut didapatkan 220 sampel dari 55 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2015 - 2018. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Income smoothing tidak berpengaruh terhadap market response. (2) Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap market response. (3) Leverage yang diukur dengan debt to asset ratio berpengaruh positif terhadap market response.
Kata kunci: Income smoothing, Ukuran Perusahaan, Leverage, Market Response
SA-20063 | A20/063 Den p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain