Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PAJAK, DAN TARIF PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, sanksi pajak, dan tarif pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi yang berada pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Sukomanunggal.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang populasinya adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Sukomanunggal. Teknik pengambilan sampel dengan metode incidental sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel sebanyak 100 responden. Penentuan ini menggunakan rumus slovin didapat sebanyak 99,89 yang dibulatkan menjadi 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini dikarenakan kualitas pelayanan sistem yang diberikan oleh petugas pajak dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam melaksanakan kewajiban perpajakan dan sanksi pajak yang telah diberlakukan dapat memberikan efek jera bagi para wajib pajak agar lebih patuh. Sedangkan tarif pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini dikarenakan meskipun tingkat tarif pajak tinggi ataupun rendah, wajib pajak enggan untuk membayar karena kurangnya kesadaran wajib pajak itu sendiri.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Tarif Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak.
SA-20065 | A20/065 Des p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain