Text
PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Tujuan utama perusahaan adalah meningkatkan kemakmuran pemegang saham dengan cara memaksimalkan nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui variabel yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Pada penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Good corporate governance, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian meliputi perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 65 sampel penelitian. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu komite audit, dewan komisaris, komisaris independen, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan dan leverage sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan. Data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari annual report perusahaan food and beverages. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komite Audit dan Leverage tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan Dewan Komisaris, Komisaris Independen, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan.
Kata kunci: Nilai Perusahaan, Good Corporate Governance, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan dan Leverage
SA-20075 | A20/075 Ind p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain