Text
"PENGARUH PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG RIBA DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT PENGGUNAAN CASHLESS MELALUI APLIKASI OVO (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Surabaya)"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan masyarakat tentang riba dan pengetahuan produk terhadap minat penggunaan cashless melalui aplikasi ovo. Objek penelitian ini adalah masyarakat kota Surabaya yang beragama muslim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan Accidental sampling, dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang riba tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan cashless melalui aplikasi ovo. Hal ini didukung oleh pernyataan beberapa ulama’ yang menyebutkan bahwa tidak adanya unsur riba dalam aplikasi Ovo, karena itu masyarakat akan mengikuti ulama’ tersebut yang menyatakan bahwa tidak ada riba dalam uang elektronik dan termasuk kedalam akad Wadi’ah. Sedangkan untuk pengetahuan masyarakat tentang produk ovo berpengaruh terhadap minat penggunaan cashless melalui aplikasi Ovo. Hal ini didukung oleh penelitian sebelumnya yang menyebutkan bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan akan uang elektronik, maka minat menggunakan aplikasi Ovo meningkat
Kata kunci : Ovo, Uang elektronik, Riba, Pengetahuan, Minat
SA-20096 | A20/096 Tis p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain