Text
"PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN SALES GROWTH TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY"
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan sales growth terhadap pengungkapancorporate social responsibility (CSR). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu yang telah ditentukan oleh peneliti, sehingga diperoleh sebanyak 28 sampel dari 57 populasi perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 sampai 2018. Data yang diperoleh sebanyak 84 data pengamatan selama 3 tahun. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan. Metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan ukuran perusahaan dan profitabiilitas dengan Return On Equity (ROE) berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility, artinya semakin tinggi nilai ukuran perusahaan danROEmaka semakin tinggi pula pengungkapan CSR, tingginya nilai ukuran perusahaan dan ROE dapat meningkatkan laba perusahaan, sehingga perusahaan memiliki dana untuk mengungkapkan CSR yang lebih luas.Sedangkansales growth tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility, artinya semakin tinggi atau rendahnya nilai sales growth maka tidak mempengaruhi pengungkapan CSR. Pengungkapan CSR tetap diungkapkan karena aturan ketetapkan suatu perusahaan meskipun naik atau turunnya nilai pertumbuhan penjualan.
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Sales Growth, Corporate Social Responsibility.
SA-20113 | A20/113 Kha p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain