Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PROFITABILITAS LAVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility (csr), profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode statistik deskriptif analitis dan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder berupa laporan keuangan dengan sampel yang diambil 26 perusahaan consumer goods dengan periode waktu tiga tahun yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, karena pengungkapan informasi kegiatan CSR sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap pihak stakeholder yang terkena dampak dari keberadaan perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, karena perusahaan dengan profitabilitas yang tinggi akan diminati oleh para investor karena dianggap memiliki kemampuan untuk menghasilkan laba yang tinggi. Leverage berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, karena semakin besar hutang pada perusahaan maka akan semakin besar juga potensi kegagalan perusahaan yang bisa mengarahkan pada kebangkrutan usaha. Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, karena total aset perusahaan merupakan cerminan bagi besar kecilnya ukuran suatu perusahaan. Semakin besar ukuran perusahaan, maka investor cenderung lebih banyak menaruh perhatian pada perusahaan tersebut.
SA-19316 | A19/316 Jer p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain