Text
PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu pemilihan sampel yang ditentukan dengan kriteria-kriteria tertentu oleh peneliti. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, maka diperoleh sampel sebanyak 40 sampel dari 8 perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan. Metode analisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas (ROA) berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi profitabilitas maka semakin tinggi pengungkapan CSR.Ukuran perusahaan (SIZE) berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR, hal ini menunjukkan bahwa semakin besar ukuran perusahaan maka semakin luas pengungkapan CSR. Kepemilikan saham publik (KSP) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, hal ini menunjukkan bahwa tinggi rendahnya jumlah kepemilikan saham publik tidak mempengaruhi pengungkapan CSR, artinya manajemen tetap mengungkapkan CSR dengan tujuan untuk menarik para investor menanamkan sahamnya ke perusahaan.
Kata Kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Publik, Corporate Social Responsibility.
SA-20234 | A20/234 Sob p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain