Text
PENGARUH PROFITABILITAS, PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengaruh profitabilitas, pengungkapan corporate social responsibility, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode purposive sampling, dimana sampel yang dipilih sesuai dengan kriteria – kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan purposive sampling, sampel yang diperoleh sebanyak 11 perusahaan dari 24 perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016 – 2018. Sehingga jumlah pengamatan yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 33 data pengamatan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan dimana apabila nilai semakin besar ROA suatu perusahaan maka semakin baik pula. Pengungkapan Corporate Social Responsiblity tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan para stakeholder cenderung membeli saham untuk mendapatkankan capital gain tanpa mempertimbangkan keberlangsungan perusahaan jangka panjang. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal ini dikarenakan suatu perusahaan yang memiliki ukuran perusahaan yang besar belum tentu mereaksi pasar.
Kata Kunci: profitabilitas, pengungkapan corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan nilai perusahaan
SA-20243 | A20/243 Ami p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain