Text
PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE BALANCE SCORECARD (STUDI EMPIRIS PADA CV.TUKANGKU INDONESIA)
Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengukuran kinerja dengan metode Balance Scorecard. Metode balance scorecard memiliki empat perspektif dalam mengukur kinerja perusahaan yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Objek penelitian ini adalah CV. Tukangku Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan, kuisioner dan database perusahaan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang cenderung menggunakan analisis. Penggunaan balance scorecard dalam mengukur kinerja perusahaan dianggap paling efektif karena dapat mengukap permasalahan dari empat perspektif suatu bisnis. teknik analisis yang digunakan mengukur kinerja menggunakan empat perspektif balance scorecard yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Data yang dianalisis adalah laporan keuangan 2017-2019, hasil kuisioner dan database perusahaan.
Hasil penelitian ini menunjukan kemampuan perusahaan dari segi finansial terlihat sangat buruk meskipun efisiensi biaya yang digunakan sangat efisien hal ini dikarenakan produktivitas karyawan yang menurun setiap tahunya yang membuat kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba tidak maksimal. tetapi Hasil yang diperoleh dari segi perspektif pelanggan terlihat sangat baik dikarenakan pertumbuhan pelanggan meningkat dan hasil kuisioner pelanggan menunjukan pelanggan sangat puas atas pelayanan yang diberikan.
Kata Kunci: Balance Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif proses bisnis internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan
SA-20254 | A20/254 Dyk p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain