Text
PENGARUH KARATERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA INDUSTRI SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN
Penelitian ini menguji tentang pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility pada industri sub sektor makanan & minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Faktor-faktor karakteristik perusahaan yang digunakan pada penelitian ini, antara lain: profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan ukuran perusahaan. Pengukuran Corporate Social Responsibility didasarkan pada Corporate Social Responsibility Index (CSRI) yang dilihat dari laporan tahunan perusahaan.
Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan menggunakan purposive sampling. Berdasarkan metode purposive sampling diperoleh sebanyak 50 sampel dari 10 perusahaan sub sektor makanan & minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2018. Terdapat data outlier dalam penelitian ini sehingga menyebabkan berkurangnya jumlah pengamatan pada penelitian yang semula berjumlah 50 sampel menjadi 37 sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis faktor profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility pada industri sub sektor makanan & minuman. Sementara itu, ukuran dewan komisaris memiliki pengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility pada industri sub sektor makanan & minuman.
Kata kunci : Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan.
SA-20264 | A20/264 Inm p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain