Text
PENGUKURAN KINERJA PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT BALONGSARI SURABAYA DALAM PERSPEKTIVE BALANCED SCORECARD
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengukuran kinerja pada Puskesmas Balongsari Surabaya menggunkaan metode Balanced Scorecard, Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Indikator yang digunakan pada perspektif keuangan adalah Rasio Ekonomi, Rasio Efisiensi dan Rasio Efektifitas. Pada perspektif pelanggan dengan indikator Jumlah Kunjungan, Jumlah Rujukan Pasien, Indeks Kepuasan Masyarakat dan Data Kotak Saran Puskesmas. Pada perspektif proses bisnis internal dengan indikator pencapaian Upaya Kesehatan Masyarakat, Upaya Kesehatan Perorangan, Sistem Manajemen dan Penghargaan yang diterima. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dengan indikator tingkat Kualitas,Kuantitas Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana puskesmas. Hasil penelitian secara keseluruhan adalah baik, guna mempertahankan hasil kinerjanya Puskesmas Balongsari perlu meningkatan kualitas Sumber Daya Manusia , sistem manajemen, dan sarana agar tercipta kualitas kinerja yang lebih optimal.
Kata Kunci: Pengukuran Kinerja,Organisasi Sektor Publik, Balanced Scorecard
SA-20330 | A20/330 Fit p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain