Text
PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage terhadap corporate social responsibility. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, yaitu dengan menganalisa laporan tahunan perusahaan food and beverage terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan salah satu syaratnya yaitu menerbitkan laporan tahunan dan laporan keuangan secara konsisten selama periode 2016-2018. Adapun sampelnya sebanyak 12 perusahaan. Sumber data diambil dari Bursa Efek Indonesia (BEI), www.idx.co.id dan galeri investasi Bursa Efek Indonesia STIESIA. Teknik analisis datanya menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh variabel profitabilitas menunjukkan nilai signifikan di angka 0,043, sedangkan ukuran perusahaan menunjukkan nilai signifikan di 0,000, dan leverage menunjukkan nilai signifikan di angka 0,035, dengan demikian profitabilitas, ukuran prusahaan, leverage berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perushaan. Nilai koefisien regresi ketiga variabel adalah positif yang menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh positif terhadap tanggung jawab sosial perusahaan.
Kata Kunci: profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, tanggung jawab sosial.
SA-20341 | A20/341 Gal p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain