Text
PENGARUH AKTIVITAS PEMASARAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN ASET TIDAK BERWUJUD TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Sektor industri barang konsumsi berfokus pada kebutuhan sehari-hari
konsumen, yang menyebabkan tingkat kompetisi antar perusahaan dalam industri
ini menjadi lebih tinggi. Penelitian ini berhipotesis bahwa aktivitas pemasaran,
kepemilikan manajerial, dan aset tidak berwujud menentukan nilai perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh aktivitas pemasaran,
kepemilikan manajerial, dan aset tidak berwujud terhadap nilai perusahaan.
Sampel yang digunakan adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi
diperoleh dari Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2019. Penelitian ini
menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mengevaluasi beberapa model.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran dan aset tidak
berwujud berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Di sisi lain,
kepemilikan manajerial berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal
tersebut menggambarkan bahwa investor menilai perusahaan mampu
memaksimalkan keunggulan bersaing dan memiliki peluang pertumbuhan di masa
depan sehingga mencapai nilai perusahaan yang tinggi.
Kata kunci: aktivitas pemasaran, kepemilikan manajerial, aset tidak berwujud, nilai
perusahaan.
SA-21001 | A21/001 Kar p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain