Text
PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD SEBAGAI PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI (STUDI KASUS PADA MDTA TAUHIDULLAH SURABAYA)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengukur kinerja pada
institusi sekolah dengan perspektif Balanced Scorecard, karena perspektif tersebut
menekankan pada aspek keuangan dan non keuangan. Penggunaan metode
Balanced Scorecard dianggap sesuai untuk organisasi sektor publik (misalnya
sekolahan) maka, penelitian ini dilaksanakan di MDTA Tauhidullah Surabaya.
Pengukuran kinerja mencakup perspektif keuangan, perspektif pelanggan,
perspektif bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan mengungkap suatu
fakta dan keadaan yang terjadi pada saat dilakukan pengamatan. Beberapa teknik
pengumpulan data yang digunakan antara lain: dokumentasi, wawancara, dan
kuesioner.
Hasil pengamatan terhadap perspektif Balanced Scorecard dapat
disimpulkan bahwa, 1) pada perspektif keuangan mengalami peningkatan pada
indikator peningkatan pendapatan sedangkan biaya sudah menunjukkan efisien, 2)
pada perspektif pelanggan ada peningkatan setiap tahun khususnya pada indikator
penerimaan peserta didik baru dan berdasarkan hasil kuesioner menunjukkan
kepuasan bagi pelanggan, 3) pada perspektif proses bisnis internal menunjukkan
bahwa sekolah sudah melakukan inovasi dalam bidang kesiswaan, kurikulum, dan
sarana prasarana, 4) pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran terdapat
pembinaan akhlaq dan peningkatan kualitas kinerja pegawai yang tercermin dalam
kepuasan pegawai para gurunya. Kesimpulan bahwa dengan menggunakan
Balanced Scorecard dapat dijadikan sebagai alat tolak ukur keberhasilan suatu
sekolah. Untuk mencapainnya maka diperlukan komitmen dan kerjasama dari
semua pihak sekolah.
Kata kunci: Balanced Scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan,
perspektif bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran
SA-21012 | A20/012 bep p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain