Text
PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA APLIKASI KAI ACCES (AKSES KERETA API INDONESIA)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan perusahaan consumer goods dengan competitive advantage sebagai variabel moderating. Intellectual capital terdiri dari tiga komponen yaitu customer capital, structural capital dan human capital.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur sub sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2015-2019 dengan metode purposive sampling dan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti, sehingga diperoleh hasil sebanyak 39 perusahaan manufaktur sub sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun. Sehingga dalam periode tersebut diperoleh sebanyak 195 data pengamatan. Data penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan tahunan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan analisis regresi moderasi dengan alat bantu aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intellectual capital tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Competitive advantage berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Competitive advantage mampu memoderasi hubungan antara intellectual capital terhadap kinerja keuangan.
Kata Kunci: Intellectual Capital, Kinerja Keuangan, Competitive Advantage
SA-21029 | A21/029 Dim p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain