Text
PENGARUH RETURN ON EQUITY, LEVERAGE UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Return On Equity (ROE), leverage, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan (PBV). Pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode 2015-2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil metode purposive sampling tersebut seleksi sampel yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 25 perusahaan dari 61 perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan yang dilakukan pada tahun 2015-2018. Sehingga dalam periode tersebut diperoleh 100 data pengamatan yang sesuai dengan kriteria. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 20.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Equity (ROE) dan Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (PBV). Sedangkan leverage yang diukur dengan Debt Equity Ratio (DER) dan Pertumbuhan Penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV).
Kata Kunci : Return On Equity (ROE), Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan
Penjualan, Nilai Perusahaan (PBV).
SA-21030 | A21/030 Nir p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain