Text
PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN DAN RASIO AKTIVITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Saat ini dunia bisnis sedang mengalami era globalisasi dan teknologi yang mengakibatkan persaingan yang semakin ketat, sehingga perusahaan khususnya perusahaan manufaktur pada sektor food and beverage dituntut untuk meningkatkan keunggulan produk-produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut dan dapat meningkatkan daya saing perusahaan. Selain itu, tingkat konsumsi yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk Indonesia setiap tahunnya menjadi prospek yang baik bagi perusahaan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan rasio aktivitas terhadap nilai perusahaan pada sektor food and beverage di Bursa Efek Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan food and beverage di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Sampel penelitian terdiri dari 11 perusahaan food and beverage yang dipilih secara purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan perusahaan food and beverage. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas dan rasio aktivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signfikan terhadap nilai perusahaan pada sektor food and beverage. Hasil perolehan signifikan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,475. Ini berarti bahwa 47,5 persen variabel nilai perusahaan dipengaruhi oleh profitabilitas, ukuran perusahaan dan rasio aktivitas.
Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Rasio Aktivitas
SA-21033 | A21/033 Dew p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain