Text
PENGARUH NILAI PERUSAAH, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh nilai perusahaan yang diukur dengan price to earning ratio, ukuran perusahaan dan leverage yang diukur dengan debt to equity ratio terhadap manajemen laba. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015 sampai 2018.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan sumber datanya yaitu data sekunder, sumber data di dapat dari database Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI). Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 40 observasi pada 10 perusahaan dalam kurun waktu 4 tahun. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Services Solutions) versi 23.0.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai perusahaan yang diukur dengan price to earning ratio tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dan leverage yang diukur dengan debt to equity ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba.
Kata kunci: nilai perusahaan, ukuran perusahaan, leverage, manajemen laba.
SA-21061 | A21/061Aje p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain