Text
PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan perusahaan consumer goods dengan keunggulan kompetitif sebagai variabel mediasi. Dalam penelitian ini Intellectual Capital diproksikan dengan VAICTM, Kinerja keuangan diproksikan dengan Return On Assets (ROA), dan Keunggulan Kompetitif diproksikan dengan Premium Price Capability (PPC).
Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling yang didasarkan pada kriteria-kriteria tertentu, sehingga diperoleh 27 sampel perusahaan consumer goods yang memenuhi kriteria. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi dan path analysis.
Berdasarkan hasil analisis regresi dan path analysis dengan tingkat signifikansi 5%, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Variabel Intellectual Capital berpengaruh positif terhadap Kinerja Keuangan. 2) Variabel Intellectual Capital berpengaruh negatif terhadap Keunggulan Kompetitif. 3) Variabel Keunggulan Kompetitif berpengaruh positif terhadap Kinerja Keuangan. 4) Variabel Keunggulan Kompetitif tidak memediasi Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan.
Kata Kunci: Intellectual Capital, Keunggulan Kompetitif, Return On Assets
SA-21073 | A21/073 Tia p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain