Text
PENGARUH KEPUTUSAN PENDANAAN, FIRMSIZE, DAN SALES GROWTH TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN VARIABEL MEDIASI PROFITABILITAS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan pendanaan, firm size, dan sales growth terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi pada perusahaan food and baverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda 2 tahap dan analisis jalur untuk variabel mediasi, dimana keputusan keuangan, firm size, dan sales growth sebagai variabel bebas, dan nilai perusahaan sebagai variabel terikat, serta profitabilitas sebagai variabel mediasi. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang merupakan tipe pemilihan sampel sesuai dengan pertimbangan tertentu. Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari laporan keuangan dan kinerja keuangan perusahaan food and baverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015 sampai 2019.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel firm size berpengaruh positif terhadap variabel ROA, variabel ROA dan DER berpengaruh positif terhadap variabel PBV, dan variabel ROA mampu memediasi variabel firm size terhadap variabel PBV.
Kata Kunci: keputusan pendanaan, firm size, sales growth, profitabilitas, dan nilai perusahaan.
SA-21074 | A21/074 Qor p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain