Text
ANALISIS KOMPARASI KINERJA PUSKESMAS PANGERENGAN DAN PUSKESMAS KEDUNGDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja puskesmas Pangarengan dan puskesmas Kedungdung menggunakan metode balanced scorecard yang terdiri dari 4 perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis dan internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu bersifat deskriptif komparatif yaitu membandingkan kinerja puskesmas Pangarengan dan puskesmas Kedungdung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien dan pegawai yang berada di lingkungan Puskesmas Pangarengan dan Puskesmas Kedungdung Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Responden berasal dari pasien puskesmas dan pegawai puskesmas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Puskesmas Pangarengan dan Puskesmas Kedungdung berdarsarkan perspektif keuangan yang yang mencakup ekonomis, efisiensi, dan efektivitas sudah termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan perspektif pelanggan menunjukkan bahwa kinerja Puskesmas Pangarengan dan Puskesmas Kedungdung mencapai kriteria baik. Berdasarkan perspektif proses bisnis dan internal menunjukkan bahwa kinerja Puskesmas Pangarengan dan Puskesmas Kedungdung sudah termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan bahwa kinerja Puskesmas Pangarengan dan Puskesmas Kedungdung memperoleh kategori baik.
Kata Kunci: Kinerja, Balanced Scorecard, Puskesmas
SA-21094 | A21/094 Dwi a | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain