Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERPAJAKAN DAN EFEKTIVITAS SISTEM PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (STUDI KASUS PADA KPP PRATAMA SURABAYA WONOCOLO)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan perpajakan dan efektivitas sistem perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Wonocolo. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan perpajakan dan efektivitas sistem perpajakan, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepatuhan wajib pajak orang pribadi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuesioner. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara kebetulan atau tidak sengaja, siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Berdasarkan metode Accidental Sampling tersebut didapatkan sebanyak 69 wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Wonocolo. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan perpajakan dan efektivitas sistem perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini menunjukkan Direktorat Jenderal Pajak memanfaatkan teknologi modern sebagai layanan perpajakan secara online supaya memotivasi wajib pajak lebih memiliki kemauan dalam membayar kewajiban perpajakannya.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Perpajakan, Efektivitas Sistem Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak.
SA-21176 | A21/176 irm p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain