Text
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DU BEI PERIODE 2014- 2017)
Perusahaan makanan dan minuman saat ini mengalami perkembangan yang
pesat karena menjadi salah satu kebutuhan masyarakat pada umumnya, semakin
maraknya ekspansi diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat
dan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh
ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, dan struktur aktiva terhadap struktur
modal pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia selama periode 2014-2017. Sampel penelitian terdiri dari 11 perusahaan
makanan dan minuman yang dipilih secara purposive sampling. Metode analisis
yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan tidak
terdapat gejala multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas serta data
yang digunakan berdistribusi normal. Berdasarkan hasil Uji F dapat diketahui
bahwa ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, dan struktur aktiva secara
bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan
pada Uji t hasil yang diperoleh yaitu ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan
tidak signifikan terhadap struktur modal, pertumbuhan penjualan berpengaruh
negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal, dan struktur aktiva
berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal. Kemampuan variabel
independen yang terdiri dari ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, dan
struktur aktiva dalam menjelaskan variasi variabel dependen struktur modal sebesar
24,5% sedangkan sisanya sebesar 75,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar
penelitian.
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva,
Struktur Modal.
SM-19031 | M19/031 Nov p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain