Text
"PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Simokerto)"
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pada Kantor Pajak Pratama Surabaya Simokerto. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan sanksi pajak, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepatuhan wajib pajak.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wajib pajak orang pribadi yang terdaftar pada KPP Pratama Surabaya Simokerto. Pengambilan sampel pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode Accidental Sampling yaitu menentukan jumlah sampel yang secara kebetulan saat ditemui cocok sebagai sumber data. Berdasarkan jumlah sampel yang telah didapatkan yaitu sebanyak 68 sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak dikarenakan petugas pajak telah memberikan pelayanan dan melaksanakan kewajibannya dengan baik. Sanksi pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi sanksi pajak yang diberikan kepada wajib pajak, maka kepatuhan wajib pajak dalam membayar kewajiban perpajakannya juga akan dapat meningkat.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak
SA-21193 | A21/193 she p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain