Text
PENGARUH MODAL PRIBADI, HARGA DAN SOSIAL MEDIA TERHADAP PENDAPATAN UMKM (STUDI LAPANGAN PADA UMKM RUMAH MAKAN DI KABUPATEN SIDOARJO)
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menguji pengaruh modal pribadi, harga dan sosial media terhadap pendapatan umkm.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian purposive sampling dengan sampel sebanyak 40 responden dari seluruh usaha mikro rumah makan yang berada di Kabupaten Sidoarjo. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis dari uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel modal pribadi berpengaruh positif dan signifikan, artinya semakin tinggi modal yang digunakan dalam menjalankan usaha maka tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan pendapatan yang tinggi pula. Variabel sosial media berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan umkm, artinya apabila umkm tersebut aktif dalam memperkenalkan produk di sosial media maka akan semakin banyak pula konsumen yang mengetahui produk apa saja yang kita jual kepada mereka. Dan variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan umkm. Hal tersebut terjadi karena harga tidak menjadi penghalang ketika masyarakat ingin membeli sesuatu yang mereka butuhkan dan mereka inginkan.
Kata Kunci : Pendapatan UMKM, Modal pribadi, Harga, dan Sosial media
SA-21256 | A21/256 elv p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain