Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KEDAI SIPULUNG DI SURABAYA
Perkembangan bisnis di Indonesia belakangan ini terlihat semakin banyak
perubahan dan persaingan terutama pada bisnis dalam bidang yang sama. Kedai
kopi merupakan hal yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan
kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pelanggan Kedai
Sipulung. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling
dan penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel
yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan karena semakin
baik kualitas layanan yang diberikan, maka konsumen semakin loyal. Harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan karena semakin
harga terjangkau dan kualitas yang sesuai manfaat, maka konsumen semakin
loyal. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan karena semakin produk mudah dalam penggunaan, maka konsumen
semakin loyal. Sebaiknya Kedai Sipulung diharapkan untuk mempertahankan
kualitas pelayanan supaya konsumen loyal terhadap perusahaan tersebut selain itu
harus bisa menentukan strategi harga yang tepat dan meningkatkan kualitas
produk.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan
SM-19148 | M19/148 Den p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain