Text
PENGARUH PROFITABILITAS UKURAN PERUSAHAAN, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN PADA SUB SEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal. Berdasarkan kriteria yang digunakan diperoleh sampel perusahaan sebanyak 11 perusahaan food and beverage periode pengamatan selama 2014-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling.
Berdasarkan hasil analisis data, variabel yang digunakan adalah struktur modal (DAR) sebagai variabel dependen dan variabel independen adalah profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan (size), dan pertumbuhan penjualan (SG). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan, artinya mengindikasikan bahwa perusahaan memanfaatkan profitnya untuk digunakan dalam membayar biaya modal perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal, pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap sttuktur modal artinya peningkatan ataupun penurunan ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan tidak bermakna terhadap struktur modal.
Sebaiknya perusahaan food and beverage lebih memperhatikan profitabilitas yang dihasilkan karena jika profitnya tinggi maka perusahaan akan lebih memilih menggunakan dana internal untuk membayar biaya modal atau kegiatan operasionalnya. Ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualannya juga harus diperhatikan, karena semakin besar ukuran perusahaan dan tingkat penjualan yang tinggi akan memperbanyak jumlah aset dan perputaran uang sehingga memberikan kepercayaan investor terhadap perusahaan untuk berinvestasi atau memberikan modalnya kepada perusahaan.
Kata kunci: profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, struktur modal
SM-20074 | M20/074 Nik p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain