Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIE SETAN CABANG DUKUH KUPANG SURABAYA
Industri rumah makan di Indonesia berkembang cukup pesat, hal ini di
sebabkan oleh gaya hidup yang tinggi, serta pola hidup masyarakat yang bekerja.
Persaingan menuntut setiap pemilik rumah makan untuk meperhatikan keinginan dan
memenuhi harapan konsumen, serta terus mengembangkan inovasi yang ada.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap
kepuasan konsumen pada Mie Setan Cabang Dukuh Kupang Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 responden dan
populasi yang diambil adalah konsumen yang telah membeli sebanyak dua kali.
Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik interval. Variabel
bebasnya terdiri dari produk (Pr), Harga (Hr), Lokasi (Lks), Promosi (Pr), Proses (Ps),
Orang (Or), Sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan konsumen (Kk).
Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan metode
analisis menggunakan regresi linier berganda. Faktor yang lebih dominan yang
merupakan pendorong kepuasan konsumen adalah produk.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa variabel produk, harga, lokasi,
promosi, proses dan orang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Mie Setan
Cabang Dukuh Kupang Surabaya. Sebaiknya pihak manajemen tidak cepat puas
dengan adanya pencapaian ini, melainkan terus berinovasi serta mempertahankan
kualitas dari bauran pemasarannya agar tercapainya kepuasan konsumen secara
berkala.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Kepuasan Konsumen
SM-19180 | M19/180 Ani p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain