Text
PENGARUH CELEBRITY ENDORSE DNA BRAND IMAGE YANG DIMEDIASI KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GIYOMI CHLOTING STORE
Pemanfaatan selebriti sebagai icon dari suatu produk menjadi salah satu
alternatif bagi produsen untuk semakin menancapkan brand mereka pada benak
pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser
dan brand image terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan
pelanggan Giyomi clothing store. Populasi dalam penelitian ini yakni konsumen
yang pernah melakukan pembelian produk Giyomi clothing store. Teknik
pengambilan sampel menggunakan insidental sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 100 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
data primer dengan metode kuesioner. Teknik analisa yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan metode analisis jalur (path analysis).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, brand image berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan . Celebrity endorser terbukti
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, brand image
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan
pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil
pengujian ini juga menunjukan besaran pengaruh langsung celebrity endorser dan
brand image terhadap loyalitas pelanggan lebih besar dibandingkan besaran
pengaruh tidak langsung celebrity endorser dan brand image terhadap loyalitas
pelanggan melalui kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: celebrity endorser, brand image, kepuasan pelanggan, loyalitas
pelanggan.
SM-19202 | M19/202 Ali p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain