Text
PENGARUH KEMUDAHAN, RISIKO DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA TOKOPEDIA.COM
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kemudahan, Kualitas
Informasi, dan Risiko terhadap Keputusan Pembelian Online pada situs
Tokopedia. Penelitian ini mengambil tempat di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu
Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya yang mempunyai aplikasi Tokopedia
dan juga pernah melakukan pembelian online dalam kurun waktu 3 bulan terakhir
dengan jumlah yang tidak diketahui secara pasti. Sampel dalam penelitian ini
menggunakan metode purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan
kriteria yang telah ditentukan, maka diperoleh sampel sebanyak 100 responden.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner kepada mahasiswa
di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Metode analisis
yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS
(Statistical Product and Service Solutions).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemudahan, Kualitas Informasi, dan
Risiko berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online. Variabel
Kemudahan, Kualitas Informasi, dan Risiko menjelaskan variabel Keputusan
Pembelian online sebesar 59,7% dan sisanya sebesar 40,3% dijelaskan oleh
variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian.
Katakunci : kemudahan, kualitas informasi, risiko, dan keputusan pembelian
SM-19231 | M19/231 Bag p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain