Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN , CITRA MEREK HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan, brand
image (citra merek), dan harga terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan
pada Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode
nonprobability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberikan
kesempatan sama bagi setiap unsur populasi untuk dipilih menjadi sampel. Jenis
sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah aksidental yaitu teknik penentu
sampel berdasarkan kebetulan siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan
peneliti. Berdasarkan metode nonprobability sampling tersebut di dapat 100 sampel
di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Metode analisis yang digunakan adalah
analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 (Statistical
Product and Service Solution).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, brand image (citra
merek), dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Brand image
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata kunci : kualitas layanan, brand image, harga, kepuasan pelanggan, loyalitas
pelanggan
SM-19244 | M19/244 Shi p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain