Text
KAJIAN PERILAKU KONSUMEN PENGGUNA SMARTPHONE IPHONE PADA KALANGAN MAHASISWA STIESIA SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi
tentang implementasi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian smartphone
iPhone pada kalangan mahasiswa STIESIA Surabaya.
Teknik pengambilan subyek penelitian atau informan yang digunakan
adalah purposive sampling, dengan kriteria antara lain: informan memiliki produk
smartphone iPhone minimal enam bulan lamanya, informan membeli smartphone
dalam kondisi baru tidak dalam kondisi bekas, tipe smartphone iPhone yang
dimiliki informan minimal iPhone 6. Jumlah informan yang dipilih sebanyak tujuh
informan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, serta teknik
analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman.
Berdasarakan hasil penelitian yang didapat dari informan, perilaku
konsumen dalam proses keputusan pembelian iPhone dipengaruhi faktor internal
yang meliputi: gaya hidup, pengalaman masa lalu, rasa suka, sedangkan faktor
internal yang tidak mempengaruhi meliputi: usia, pendidikan, sifat atau
kepribadian. Selain itu juga, diketahui bahwa perilaku konsumen dalam keputusan
pembelian iPhone juga dipengaruhi faktor eksternal yaitu: budaya, teman, kualitas
produk, dan desain produk, sedangkan faktor eksternal yang tidak mempengaruhi
adalah keluarga.
Kata kunci: perilaku konsumen, keputusan pembelian.
SM-19246 | M19/246 Edw k c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain