Text
KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN JASA PENGIRIMAN POS INDONESIA (PERSERO) DI SURABAYA
Loyalitas konsumen merupakan salah satu aspek penting yang sangat
diperhatikan bagi perusahaan penyedia jasa, karena dapat dianggap sebagai aset
yang sangat bernilai. Terdapat juga aspek penting yang berkaitan dengan loyalitas
konsumen, yaitu kualitas pelayanan, promosi, dan kepuasan konsumen. Penelitian
ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap
loyalitas konsumen yang di mediasi kepuasan konsumen atas jasa pengiriman PT
Pos Indonesia (PERSERO) di Surabaya.
Penelitian ini dilakukan pada Kantor POS Surabaya Selatan. Jenis
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh
dengan mengunakan metode accidental sampling, dimana penentuan sampelnya
diperoleh secara kebetulan bertemu dengan responden yang dipandang peneliti
pantas sebagai sumber data. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini
sebanyak 100 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path
analysis) dengan mengunakan program SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen. Promosi berpengaruh
signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan
berpengaruh tidak signifikan dan negatif terhadap loyalitas konsumen. Promosi
berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan
konsumen berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas konsumen.
Kualitas pelayanan secara tidak langsung berpengaruh terhadap loyalitas
konsumen melalui kepuasan konsumen. Promosi secara tidak langsung
berpengaruh terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen.
Kata kunci: kualitas pelayanan, promosi, kepuasan konsumen, loyalitas
konsumen.
SM-19254 | M19/254 Rez k c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain