Text
PENGARUH KUALITAS PRODUK HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG PRELOVED DALAM MEDIA SOSIAL DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk, harga
dan kepercayaan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang artinya metode penelitian ini
berlandaskan pada filsafat positivisme dengan tujuan untuk menguji hipotesis
yang telah ditetapkan sebelumnya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu konsumen yang pernah berbelanja barang preloved di media sosial namun
jumlahnya belum diketahui pada mahsiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
Indonesia (STIESIA) Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah accidental sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 102
responden. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi
linear berganda dan uji t.
Hasil pengujian data yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas produk
berpengaruh positif namun tidak signifikan pada keputusan pembelian. Pada
variabel harga juga terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. Kepercayaan terbukti berpengaruh signifikan dan positif terhadap
keputusan pembelian. Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa harga
menjadi variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian.
Dengan memahami variabel yang berpengaruh dalam keputusan pembelian
diharapkan nantinya meningkatkan keputusan pembelian dan menyempurnakan
faktor yang bisa mempermudah konsumen dalam melakukan keputusan
pembelian.
Kata kunci : kualitas produk, harga, kepercayaan, keputusan pembelian
SM-19255 | M19/255 Ish p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain