Text
PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SEKTOR OTOMOTIF INDONESIA
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh growth opportunity, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan. Growth opportunity diukur dari total aktiva, sedangkan kepemilikan manajerial diukur dari saham yang dimiliki komisaris, direksi dan lain-lain dari pemegang saham serta kepemilikan institusional diukur dari saham yang dimiliki oleh institusi dari pemegang saham.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan metode purposive sampling tersebut didapatkan sebanyak 13 sampel dari 5 perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2013-2018. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 25.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel independen growth opportunity tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Growth Opportunity, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Nilai Perusahaan
SM-20167 | M20/167 Muh p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain