Text
PENGARUH KEPEMIMPINN, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MI TARBIYATUS SYARIFAH
Peran Kinerja Guru sangat penting pada proses belajar mengajar siswa di
sekolah. Kinerja Guru yang baik mampu mengembangkan potensi peserta didik
agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara
yang demokratis dan bertanggung jawab. Maka diperlukan dukungan
Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja guna meningkatkan Kinerja Guru.
Salah satunya adalah Sekolah MI Tarbiyatus Syarifah perlu memperhatikan aspek
sumber daya manusia kepada para Guru guna meningkatkan Kinerja Guru dengan
membuat hubungan yang baik antar Kepemimpinan Kepala sekolah dengan para
guru dapat meningkatkan Disiplin Kerja Guru hingga memberikan Motivasi untuk
setiap Guru.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh
Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru baik secara
parsial maupun simultan pada MI Tarbiyatus Syarifah Sidoarjo. Metode penelitian
yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS.
Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner dan jumlah
responden 55 guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kepemimpinan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru MI Tarbiyatus Syarifah dengan hasil
uji t sebesar 0,000 < 0,05, variabel Motivasi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja guru MI Tarbiyatus Syarifah dengan hasil uji t sebesar 0,018 <
0,05 dan variabel Disiplin Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
guru MI Tarbiyatus Syarifah dengan hasil uji t sebesar 0,010 < 0,05.
Kata kunci : Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin Kerja, Kinerja Guru
SM-19283 | M19/283 Rah p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain