Text
PENGARUH ROE, NPM, EPS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES DI BEI
Harga saham sangat ditentukan dari penawaran dan permintaan akan saham itu sendiri. Semakin banyak orang yang membeli saham maka harga saham cenderung bergerak naik dan sebaliknya semakin banyak orang yang menjual sahamnya maka harga saham cenderung bergerak turun. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Return On Equity, Net Profit Margin dan Erning Per Share terhadap Harga Saham pada perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018.
Pada penelitian ini mengambil seluruh populasi maka diperoleh sebanyak 12 perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2018. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari Indonesia Stock Exchange dan Galeri Bursa Efek STIESIA Surabaya. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regesi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS 20.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel ROE berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham karena menunjukkan kesuksesan manajemen dalam memaksimalkan tingkat pengembalian modal bagi pemegang saham. NPM berpengaruh tidak signifikan terhadap Harga Saham karena NPM tidak mampu menggambarkan tingkat imbal hasil yang akan didapat oleh investor atas imbal hasil saham. EPS berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham karena EPS yang tinggi menandakan bahwa perusahaan tersebut memiliki kemampuan untuk mendistribusikan pendapatannya kepada para pemegang sahamnya.
Kata Kunci : Return On Equity, Net Profit Margin dan Erning Per Share, Harga Saham
SM-20172 | M20/172 Muh p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain