Text
PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA APOTEK VIVA HEALTH DI SURABAYA
Pada zaman serba instan ini masyarakat membutuhkan sarana dan fasilitas
penunjang dibidang kesehatan. Ini dapat menjadi peluang bagi pelaku bisnis
khususnya dibidang ritel farmasi yang sedang berkembang saat ini adalah apotek.
Dulu apotek berfungsi sebagai tempat menjual obat, namun sekarang tidak hanya
itu, apotek juga menyediakan jasa layanan kesehatan berupa pengecekan asam
urat, gula darah, kolesterol, oksigen dalam darah dan tekanan darah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah citra merek dan kualitas layanan mempunyai
pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Apotek Viva Health di
Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang telah memakai
jasa Apotek Viva Health di Surabaya dengan jumlah yang tak terbatas (invinity).
Teknik pengambilan sampelnya adalah Non-Probability Sampling dengan
pendekatan Accidental Sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan
kebetulan, siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel
jika dipandang cocok sebagai sumber data. Di dalam penelitian ini jumlah sampel
yang digunakan oleh peneliti sekitar 100 kuisioner. Metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan alat
bantu dengan program SPSS dalam perhitungannya. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel citra merek dan kualitas layanan memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen
SM-19321 | M19/321 Rad p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain