Text
PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, KUALITAS LAYANAN, KEPUASAN PELANGGAN, PADA KOPERASI SETIA BHAKTI WANITA SURABAYA JAWA TIMUR
Pada kondisi bisnis yang kompetitif ini, loyalitas pelanggan menjadi
sangat penting. Koperasi merupakan salah satu layanan di bidang jasa lembaga
keuangan yang harus memberikan nilai lebih unggul dibanding pesaingnya agar
dapat bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra
perusahaan, kualitas layanan, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas
pelanggan Koperasi Setia Bhakti Wanita Surabaya Jawa Timur.
Teknik penelitian sampel menggunakan purposive sampling dengan
kriteria populasi dalam penelitian ini yaitu anggota aktif minimal 5 tahun, sudah
pernah melakukan transaksi peminjaman minimal 5 kali, dan pendidikan minimal
SMA/ Sederajat maka jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra perusahaan, kualitas
layanan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan, karena citra perusahaan, kualitas layanan, dan kepuasan
pelanggan pada Koperasi Setia Bhakti Wanita Surabaya telah memenuhi
kebutuhan dan harapan pelanggannya, maka berpengaruh pada loyalitas
pelanggan menjadi meningkat. Koperasi Setia Bhakti Wanita diharapkan tetap
selalu menjaga nama baik koperasi untuk kedepannya, lebih berfokus senantiasa
memberikan kualitas layanan yang terbaik, dan mengembangkan aspek – aspek
penunjang kepuasan pelanggan karena dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Citra Perusahaan, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, dan
Loyalitas Pelanggan
SM-19322 | M19/322 Val p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain