Text
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TOKO JDAJAR PUTRA
Relationship marketing dan kualitas layanan merupakan faktor penentu
pada kepuasan dan loyalitas pelanggan, dan kinerja pemasaran sering dilihat
dari bagaimana penerapan relationship marketing dan kualitas layanan yang
diimplementasikan oleh suatu perusahaan untuk menjaga loyalitas para
pelanggannya.
Penelitian ini betujuan untuk menguji pengaruh relationship marketing
dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. Relationship marketing
diukur dengan komitmen, kepercayaan, penangan konflik, dan komunikasi,
sedangkan kualitas layanan diukur dengan bukti langsung, keandalan, daya
tanggap, jaminan, dan empati.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam
penelitian ini diperoleh dengan accidental sampling, yaitu penentuan sampel
berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang berada ditempat penelitian yang
dianggap cocok sebagai sumber data. Dengan menggunakan accidental
sampling tersebut didapatkan 100 responden. Metode analisis ini menggunakan
analisis linear berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS (Statistical
Product and Service Solution). Uji asumsi klasik yang digunakan telah
memenuhi kriteria yang ditentukan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel relationship marketing
dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Relationship marketing, kualitas layanan, loyalitas pelanggan.
SM-19324 | M19/324 Mar p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain