Text
"PENGARUH TAYANGAN IKLAN TERHADAP BRAND IMAGE DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN KONSUMEN BERALIH DARI PREMIUM KE PERTALITE"
Iklan di televisi merupakan sarana efektif dalam menciptakan image suatu
produk ke dalam benak konsumen. Image atau citra yang positif atas produk yang
diluncurkan pertamina mengenai bahan bakar pertalite akan memberikan dampak
kepada masyarakat untuk bermigrasi dari penggunaan premium ke pertalite.
Penelitian ini betujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh tayangan
iklan televisi edisi “melaju lebih jauh” terhadap keputusan konsumen beralih dari
premium ke pertalite baik secara langsung maupun tidak langsung melalui brand
image sebagai variabel mediasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini
masyarakat yang menggunakan pertalite di Surabaya serta pernah melihat
tayangan iklan pertalite. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling
aksidental dengan jumlah sampel penelitian sebesar 100 orang. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Adapun
teknik analisis menggunakan path Analysis.
Hasil pengujian memperlihatkan tayangan iklan dapat berpengaruh langsung
terhadap keputusan konsumen untuk beralih dari premium ke pertalite maupun
berpengaruh tidak langsung dengan melewati brand image sebagai variabel
intervening kemudian mempengaruhi keputusan konsumen untuk beralih dari
premium ke pertalite.
Kata Kunci : Tayangan Iklan, Brand Image, Keputusan Konsumen
SM-19337 | M19/337 Sya p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain