Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
Kepuasan pelanggan merupakan respons pelanggan terhadap
ketidaksesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja aktual yang
dirasakannya setelah pemakaian. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi
pelanggan diantaranya kualitas pelayanan, promosi dan harga.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetaui dan menguji pengaruh kualitas
pelayanan, promosi dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah jamaah yang menggunakan jasa biro
perjalanan haji dan umroh PT Albis Nusa Wisata Surabaya. Teknik pengambilan
sampel menggunakan non random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak
100 jamaah. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda .
Hasil pengujian menunjukkan kualitas layanan, promosi dan harga layak
dijadikan prediktor naik turunnya kepuasan pelanggan dengan kontribusi sebesar
50,8%. Hasil pengujian selanjutnya memperlihatkan kualitas pelayanan, promosi
dan harga masing-masing berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan
pelanggan. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan
promosi dan harga yang dilakukan akan semakin meningkatkan kepuasan
pelanggan yang menggunakan jasa biro perjalanan haji dan umroh PT Albis Nusa
Wisata Surabaya.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Promosi, Harga Dan Kepuasan Pelanggan
SM-19342 | M19/342 Fai p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain