Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTAS ONLINE GRAB DI STIESIA SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi online grab di STIESIA Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa STIESIA pengguna aplikasi Grab. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Jenis data yang digunakan yaitu bersumber dari data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner. Teknik pengumpulan data dengan skala libert sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yaitu uji instrumen data melalui uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yang dilakukan melalui normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas menunjukkan bahwa semua variabel yang digunakan tidak melanggar syarat yang telah ditentukan. Sedangkan hasil uji kelayakan model yang dilakukan dengan uji F dan koefisien determinasi, model regresi yang digunakan dalam penelitian ini layak digunakan
Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan, harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil perolehan signifikan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,362. Ini berarti bahwa 85,4% variabel kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas layanan, harga dan promosi. Hasil ini mengidentifikasikan bahwa kepuasan pelanggan makin meningkat bila terdapat peningkatan pada kualitas layanan, harga dan promosi.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Harga, Promosi, Kepuasan Pelanggan
SM-20213 | M20/213 And p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain