Text
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN RETURN ON ASSET TERHADAP DEBT TO EQUITY RATIO PADA SEKTOR FOOD AND BEVERAGES DI BEI
Perusahaan food and beverage merupakan sektor yang banyak diminati oleh para investor, mengingat perkembangan bisnis di bidang ini terus mengalami pertumbuhan yang signifikan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengusaha lokal maupun asing untuk berinvestasi pada sektor ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan return on asset terhadap debt to equity ratio pada perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 - 2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Dari populasi sebanyak 31 perusahaan diperoleh 8 sebagai sampel dengan periode pengamatan selama 5 tahun. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan perusahaan food and beverage. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap debt to equity ratio, (2) pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap debt to equity ratio, (3) return on asset berpengaruh positif dan signfikan terhadap debt to equity ratio. Hasil perolehan signifikan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,413. Ini berarti bahwa 41,3 persen variabel debt to equity ratio dipengaruhi oleh ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, dan return on asset.
Kata kunci: ukuran perusahan, pertumbuhan penjualan, return on asset, struktur modal
SM-20214 | M20/214 Ari p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain