Text
STUDI KOMPARATIF KUNJUNGAN WISATAWAN JAWA TIMUR SEBELUM DAN SESUDAH WONDERFUL INDONESIA SEBAGAI NATION BRANDING
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan jumlah kunjungan wisatawan Jawa Timur sebelum dan sesudah adanya Wonderful Indonesia sebagai nation branding. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan penggunaan metode non probalitiy sampling dengan teknik purposive sampling karena sampel dipilih oleh peneliti bedasarkan kriteria kebutuhan riset dengan rentang waktu yang dibutuhkan penelitian. Adapun sampel data yang diobservasi yaitu data kunjungan wisatawan Jawa Timur yang didapatkan dari Badan Pusat Statistik Jawa Timur. Data yang digunakan yaitu jumlah kunjungan wisatawan Jawa Timur 5 tahun sebelum dan 5 tahun sesudah adanya Wonderful Indonesia sebagai nation branding. Bedasarkan data yang digunakan dalam penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa data memenuhi asumsi homogenitas dan data juga mengikuti distribusi normal sehingga dapat dilakukan uji beda dengan T test. Bedasarkan uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan jumlah kunjungan wisatawan Jawa Timur sebelum dan sesudah adanya Wonderful Indonesia sebagai nation branding.
Kata kunci: branding, nation branding, Wonderful Indonesia.
SM-20253 | M20/253 Ali s c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain