Text
PENGARUH CURRENT RATIO, UKURAN PERUSAHAAN DAN PETUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN PARIWISATA DAN PERHOTELAN DI BURSA EFEK INDONESIA PIODE 2015-2019
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Current Ratio, Ukuran Perusahaan
dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal melalui laporan keuangan
tahunan yang telah di publikasi oleh Perusahaan Pariwisata dan Perhotelan tahun
2015-2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini
adalah perusahaan pariwisata dan perhotelan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
(BEI) selama periode 2015-2019. Sampel penelitian yaitu 13 perusahaan pariwisata
dan perhotelan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive
sampling. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa current ratio berpengaruh negatif
signifikan terhadap struktur modal yaitu jika current ratio naik maka akan
berpengaruh signifikan terhadap turunnya struktur modal karena perusahaan lebih
mengutamakan pendanaan internal, ukuran perusahaan berpengaruh positif tidak
signifikan terhadap struktur modal yaitu besarnya ukuran perusahaan tidak
berpengaruh signifkan terhadap naiknya struktur modal karena perusahaan
berukuran besar lebih membutuhkan dana cukup besar yang bersumber dari
eksternal, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif tidak signifikan
terhadap struktur modal yaitu naiknya pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh
signifikan terhadap turunnya struktur modal karena perusahaan lebih memilih untuk
meminimalisir biaya yang dikeluarkan. Perusahaan diharapkan mampu untuk
mempertahankan dan memaksimalkan sumber pendanaan baik dari internal
maupun eksternal.
Kata kunci: Current Ratio, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Struktur
Modal
SM-21008 | M21/008 And p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain