Text
PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SMARTPHONE SAMSUNG DI SURABAYA
Ekuitas merek merupakan seperangkat aset yang dirasakan konsumen
yang dapat menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk
atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran merek,
persepsi kualitas, dan asosiasi merek terhadap minat beli konsumen smartphone
Samsung di Surabaya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini merupakan pengguna smartphone Samsung di Surabaya dengan usia
17 tahun ke atas. Penelitian ini menggunakan purposive sampling sebagai metode
dalam menentukan sampel yang digunakan sehingga diperoleh sebanyak 100
sampel penelitian. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kesadaran
merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek sedangkan minat beli sebagai
variabel dependen. Pada penelitian ini menggunakan jenis data primer yang
diperoleh dari penyebaran kuesioner. Metode yang digunakan yaitu analisis
regresi linier berganda menggunakan program SPSS versi 26.
Hasil dari penelitian ini adalah kesadaran merek dan persepsi kualitas
berpengaruh signifikan terhadap minat beli smartphone Samsung di Surabaya,
serta asosiasi merek berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli smartphone
Samsung di Surabaya
Kata kunci: Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Minat Beli
SM-21010 | M21/010 Bim p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain