Text
PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERTUMBUHAN LABA DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan
penjualan, pertumbuhan laba dan likuiditas terhadap nilai perusahaan food and
beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pertumbuhan penjualan diukur
dengan Net Sales Grow Ratio, pertumbuhan laba diukur dengan Net Profit Grow
Ratio, likuiditas diukur dengan Current Ratio dan nilai perusahaaan diukur
dengan Price to Book Value.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini perusahaan food and
beverage. dengan jumlah 29 perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan metode sampel jenuh, yaitu teknik penentuan sampel apabila semua
populasi digunakan sebagai sampel. Berdasarkan metode sampel jenuh tersebut
didapatkan 12 perusahaan food and baverage yang terdaftar di bursa Efek
Indonesia selama tahun 2015-2019. Metode analisis menggunakan analisis
statistik dekriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi
berganda.
Hasil penelitian statistik deskriptif menunjukan bahwa pertumbuhan
penjualan, pertumbuhan laba dan likuiditas memperoleh nilai rata-rata rendah.
Hasil uji asumsi klasik menunjukan semua variabel yang digunakan memenuhi
asumsi dan tidak ada pelanggaran, demikian juga hasil uji kelayakan model
menunjukan bahwa model regresi layak untuk digunakan. Hasil uji hipotesis
menunjukan pertumbuhan penjualan dan pertumbuhan laba berpengaruh tidak
signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan likuiditas berpengaruh signifikan
terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Laba, Likuiditas, Nilai
Perusahaan
SM-21011 | M21/011 The p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain