Text
"PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR FOOD AND BEVERAGE"
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage, ukuran perusahaan, dan
profitabilitas terhadap nilai perusahaan.
Dalam penelitian ini nilai perusahaan diproksikan dengan menggunakan PBV (Price to
Book Value), leverage diproksikan dengan menggunakan DER (Debt to Equity Ratio), ukuran
perusahaan yang diproksikan dengan logaritma natural total asset, dan profitabilitas diproksikan
dengan ROA (Return On Assets). Populasi penelitian ini adalah perusahaan pada sektor Food and
Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2019 sebanyak 26
perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan kriteria-kriteria
yang telah ditentukan, dengan sampel penelitian yang didapat berjumlah 10 perusahaan pada
sektor Food and Beverage.
Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data dokumenter dimana sumber data berasal
dari data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi
klasik, uji regresi linier berganda, uji kelayakan model, uji koefisien determinasi dan pengujian
hipotesis. Dari hasil uji penelitian menunjukkan bahwa leverage, ukuran perusahaan, dan
profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan.
SM-21048 | M21/048 Don p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain