Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Lembaga Kursus Seni Globalart San Diego Surabaya)
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.
Obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan dari Globalart San
Diego yang bertempat di Komplek Ruko San Diego 103 MR-20 Pakuwon City,
Surabaya.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian
diperoleh dengan metode non random sampling, yang mana tidak semua individu
dalam populasi menggunakan kesempatan yang sama untuk diberi tugas menjadi
anggota pengambilan sampel. Data penelitian diperoleh dengan kuesioner
penelitian kepada 100 responden yang sudah pernah memakai jasa bimbingan
belajar Globalart San Diego Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah
Path Analysis serta sobel test dengan menggunakan aplikasi program SPSS
(Statistical Product and Service Solutions).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan harga masing
masing berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kepuasan pelanggan.
Kualitas pelayanan dan harga masing masing juga berpengaruh signifikan dengan
arah positif terhadap loyalitas pelanggan. Koefisien determinasi R2 sebesar 0.766
dapat diartikan bahwa 76,6% loyalitas pelanggan dapat dipengaruhi oleh kualitas
pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh
variabel lain diluar penelitian.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, harga, loyalitas pelanggan, dan kepuasan
pelanggan.
SM-21067 | M21/067 Int p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain